Sunday, December 9, 2007

Summary Gigabyte Overclocking Championship 2007

Monday, 26 November 2007

Jakarta, 25 November 2007 - Bersamaan dengan pameran IT terbesar di Indonesia, Indocomtech 2007, Gigabyte United Inc, melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT Nusantara Eradata telah menyelenggarakan sebuah event overclocking berskala internasional pada tanggal 17 November 2007 yang lalu.

Event yang dinamakan Gigabyte International Overclocking Championship 2007 (GOC 2007) ini diikuti oleh 9 negara, antara lain : Indonesia, Australia, India, China, Korea, Vietnam, Singapore, Malaysia dan Thailand. Peserta yang menghadiri kompetisi kali ini adalah overclocker terbaik dari negara masing masing.

Sehari sebelumnya, pada tanggal 16 November 2007 diadakan kompetisi overclocking berskala lokal untuk memilih 2 pemenang yang akan mewakili Indonesia di ajang International Championship pada keesokan harinya.

Total peserta yang mengikuti babak penyisihan ini adalah 9 peserta. Keluar sebagai pemenang I dan II sekaligus mewakili Indonesia adalah Andre Soriton dari Manado dan Ekky dari Jakarta.

Image

Peraturan yang digunakan dalam kompetisi International Championship merupakan aturan standar yang berlaku di semua negara. Titik berat penilaian adalah pada hasil benchmark dari masing masing pengujian. Software pengujian yang digunakan antara lain, 3DMARK 2001, Super PI 8M, 3DMARK 2006, PCMark 2005, Aquamark 3 dan Everest Memory Benchmark.

Untuk peserta yang memperoleh nilai tertinggi pada masing masing pengujian benchmark akan memperoleh point sebesar 8, disusul posisi kedua 5 point, serta posisi ketiga dengan 3 point.

Untuk hardware atau peralatan yang akan digunakan oleh para peserta, panitia menyediakan periperal dan hardware yang sama dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Processor Intel Quad Core Q6700
  • Motherboard Gigabyte GA-X38-DQ6
  • Kartu Grafis Gigabyte GeForce 8600GTS 256 MB
  • Memory Kingston HyperX PC8500 2 GB Kit
  • Harddisk Hitachi 160 GB SATA II
  • PSU Gigabyte ODIN GT 550 Watt
  • LCD Monitor Advance 19 inch.
  • Dry Ice untuk kelengkapan pendingin
Keluar sebagai pemenang pada kompetisi Internasional ini adalah:
  • Juara I : Kolaborasi Indonesia dan Thailand (Andre Soriton & Paizol Maddusah) dengan total poin 40
  • Juara II : Indonesia (Ekky dari Jakarta) dengan total poin 31
  • Juara III : Vietnam (Lee Ahn Tuan dan Nguyen Thuongkiet) dengan total poin 12.

(Grafik Klasemen Akhir GOC 2007)

Perlu diketahui, GOC 2007 ini merupakan kompetisi overclocking yang paling banyak diikuti oleh peserta dari masing-masing negara. Sebelumnya di Beijing, China total negara yang ikut serta adalah 6 negara.

Sebuah kebanggaan besar melihat Indonesia memiliki prestasi yang mengagumkan pada kompetisi overclocking berskala internasional, terbukti dengan dua wakilnya, Indonesia (kolaborasi dengan Thailand) berhasil menduduki peringkat pertama dan kedua mengalahkan negara lainnya.

Source: Press Release Gigabyte
Editor: Patrick Gerard van Diest

No comments:

Post a Comment