Sunday, December 9, 2007

Tutup Di Irlandia Utara, Seagate Lirik Malaysia


Pekerja Seagate (ist)


Londonderry - Perusahaan harddisk terkemuka asal Amerika Serikat, Seagate berencana menutup salah satu dari dua pabriknya di Irlandia Utara. Hampir seribu atau tepatnya 927 pegawainya pun terpaksa akan kena PHK.

Pabrik berumur 10 tahun di wilayah Limavadi in Country Londonderry ini memproduksi lapisan alumunium sebagai salah satu bahan dalam pembuatan harddisk mereka.

"Kami telah melakukan banyak hal agar fasilitas di Limavady ini bisa kompetitif. Namun persaingan makin keras. Kondisi keuangannya juga tak sehat," demikian alasan dari manajer pabrik Seagate di Limavady ini, William O'Kane.

Para pekerja telah diberitahu tentang rencana penutupan ini yang akan dilakukan pada pertengahan tahun 2008. Sementara pabrik Seagate lainnya di Sparrington, Londonderry tetap akan dioperasikan dengan jumlah karyawannya 1381 orang.

Selain penutupan tersebut, di tahun 2008 Seagate juga berencana membangun fasilitas pabriknya di negeri jiran Malaysia. Pabrik ini akan menjadi pabrik ketiga Seagate di Malaysia dan akan menciptakan sebanyak 2500 lowongan kerja baru ketika nantinya dioperasikan.

Terlepas dari rencana penutupan pabriknya di Irlandia Utara ini, kondisi keuangan Seagate dalam keadaan bagus. Seagate mengungkapkan jumlah keuntungan sebesar US$ 355 juta dalam laporan keuangan kuartal terakhirnya, lebih banyak US$ 19 juta daripada periode yang sama tahun sebelumnya. Demikian seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Rabu (31/10/2007).

No comments:

Post a Comment