Sunday, December 9, 2007

Uni Eropa Tuduh Intel Lakukan Monopoli

Brussel - Pejabat Uni Eropa mengatakan bahwa mereka telah menuduh perusahaan prosessor ternama Intel melakukan tindak monopoli bisnis. Intel diduga menghalang-halangi akses konsumen terhadap rivalnya, perusahaan prosesor Advanced Micro Devices atau AMD.

Setidaknya, terdapat tiga tindakan Intel yang dianggap menyingkirkan AMD. Salah satunya, Intel disebut-sebut memberikan potongan harga yang cukup besar kepada produsen komputer agar membeli prosesor mereka.

Kemudian, Intel juga dituduh membayar produsen agar mereka menunda atau menghentikan penggunaan AMD pada produk mereka. Selain itu, Intel juga menjual CPU (Central Processing Unit) dengan harga rendah pada konsumen server.

"Tiga tindakan Intel tersebut ditujukan untuk menyingkirkan AMD dari pasaran dan merupakan strategi yang anti kompetisi," sebut perwakilan European Comission seperti dikutip detikINET dari AP, Sabtu (28/7/2007).

Intel mempunyai waktu selama 10 minggu untuk menjawab tuduhan ini. Mereka juga bisa meminta diadakannya sebuah pertemuan untuk mengajukan pembelaan. Dengan tuduhan-tuduhan Uni Eropa tersebut, Intel pun diharapkan mengubah cara berbisnisnya atau akan terancam denda.

No comments:

Post a Comment